Best Practise Aidil Faisal PPG daljab Unja 2023
BEST PRACTICE PPG
DALJAB
ANGKATAN 2 TAHUN 2023
DI KELAS X TKJ SMKS LABOR
BINAAN FKIP UNRI PEKANBARU
&
BUKTI UNGGAH DI PLATFORM GURU BERBAGI
DAN
BLOG
Disusun Oleh
Aidil Faisal, S.Pd
PPG DALAM JABATAN
UNIVERSITAS JAMBI
TAHUN 2023
KATA
PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kepada Allah
Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rahmat dan taufiknya, sehingga
pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Profesi Guru (PPG) dapat dijalani dengan
baik dan lancar. Penyusunan best
practices pembelajaran inovatif ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas pada
kegiatan Refleksi Akhir (Komprehensif) dan Tindak Lanjut.
Pelaksanaan PPG ini secara umum dapat
berjalan karena mendapatkan dukungan moril dan materil dari berbagai pihak
diantaranya yaitu :
1.
Bapak/Ibu
Dosen Universitas Jambi
2.
Bapak
ibu Guru Pamong
3.
Kepala
SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru berserta Bapak/Ibu Guru Bapak/Ibu peserta
PPG bidang Penjaskes Universitas Jambi
4.
Peserta didik kelas 10 TKJT
SMK Binaan FKIP UNRI Pekanbaru
Semoga best practices pembelajaran
inovatif yang disusun ini dapat memberikan manfaat bagi penulis pribadi dan
kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya.
Pekanbaru, 22 November 2023
Aidil Faisal, S.Pd
Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best
Practice) Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman
Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Kejuruan |
Tujuan yang ingin dicapai |
1. Peserta didik
menerapkan (c3) Teknik dasar servis bawah dengan benar 2. Peserta didik
menerapkan (c3) Teknik dasar servis atas dengan benar 3. Peserta didik
dapat mempraktikan (c3) teknik dasar
servis bawah dengan benar 4. Peserta didik
dapat mempraktikkan teknik (c3) dasar servis atas dengan benar 5. Peserta didik dapat
menganalisis (C4) teknik dasar servis bawah danatas dengan benar |
Penulis |
Aidil Faisal, S.Pd |
Tanggal Pelaksanaan |
Selasa 16 November 2023 Pukul 07.45-10.00 wib |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang
masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran
dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Latar
Belakang : Sekolah tempat saya
mengajar beberapa siswa motivasi dalam belajar penjaskes khususnya tehnik
dasar servis bola voli rendah. Motivasi belajar
merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri siswa tersebut untuk belajar
guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Uno (2016) Mengemukakan bahwa hakekat motivasi belajar adalah dorongan
internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan
perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur
yang mendukung. Motivasi belajar
dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil
dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita, sedangkan faktor ekstrinsiknya
adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif dan kegiatan
belajar yang menarik. Motvasi belajar memiliki
peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dengan motivasi yang
tinggi dapat membantu siswa untuk meraih prestasi yang gemilang dalam
belajar. Sedangkan motivasi belajar yang rendah dapat menghambat siswa dalam
meraih hasil belajar yang memuaskan. Hasil belajar merupakan tolok ukur
keberhasilan suatu proses pembelajaran, melalui hasil belajar guru dapat
mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang
telah dilakukan. Motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran teknik dasar servis bawah dan atas permainan boal
voli kelas x tkj Smk labor masih rendah ini dibuktikan siswa tersebut kurang bersemangat mengikuti
pembelajaran, siswa tidak mampu melakukan teknik servis bawah dan atas
permainan bola voli dengan baik karena
siswa merasa tangannya sakit saat mealakukan servis dan arah bola saat melakukan servis tidak terarah,
sehingga guru melakukan Pembelajaran dengan model PBL dengan metode kooperatif
lerning , pembelajaran menggunakan media vidio serta melakukan permainan
gembira berkelompok juga dapat
menimbulkan aktivitas belajar siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa lebih
terlibat aktif dalam melaksanakan tugas belajarnya dan adanya tutor sebaya
lebih berani bertanya, bekerjasama dalam kelompok untuk memecahkan masalah,
berani untuk menanggapi atau memberi pendapat terhadap hasil kerja siswa atau
kelompok lain, serta mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Timbulnya aktivitas belajar siswa dapat meningkatkan pemahamannya terhadap
materi dan menjadi lebih ingat karena siswa mengalami sendiri proses
belajarnya Berdasarkan hal
tersebut di atas, maka penerapan model PBL kooperatif lerning yang
dikombinasikan dengan adanya permainan menarik membuat minat siswa bangkit
dan bersemangat Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? 1. Bahan
Referensi Guru dalam mengalami permasalahan saat motivasi siswa Yang Rendah
dalam pemblajaran teknik dasar servis bawah dan Atas Permainan bola voli 2. Memotivasi
Guru Lain untuk menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan
melakukan pembelajaran secara berkelompok 3. Memotivasi
Guru Lain dalam mendesain pembelajaran secara inovatif 4. Memotivasi
guru lain dalam memodifikasi bola dalam materi servis bola voli Apa yang Peran
dan tanggung jawab 1. Meningkatkan
kemampuan berfikir tingkat tinggi yakni menganalisa ( c4) dalam pembelajaran
teknik dasar servis bawah dan atas permainan bola voli 2. Mendesain
pembelajaran teknik dasar servis bawah dan atas permainan bola voli secara
kreatif, inovatif, menggunakan Model pembelajaran PBL dengan metode
kooperatif lerning 3. Mendesain
pembelajaran dengan cara berkelompok dengan dibantu oleh tutor sebaya 4. Guru
sebagai Fasilitator dalam mencapai tujuan pembelajaran materi teknik dasar
servis bawah dan atas pada permainan bola voli |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk
mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Apa saja
yang menjadi Tantangan untuk mencapai tujuan Tersebut ? Setelah melakukan analisis terhadap kajian
literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar,
maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain : 1. Rendahnya Motivasi belajar peserta
didik. 2. Faktor lingkungan sosial dan keluarga
yang belum mendukung. 3. Guru belum melakukan pembelajaran
interaktif dan menyenangkan. 4. Guru belum mengoptimalkan aplikasi
pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Siapa
yang terlibat? 1. Dosen Pembimbing
dan guru Pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan II Universitas Jambi 2. Kepala Sekolah Smk Labor Binaan Fkip Unri
Pekanbaru 3. Rekan Guru di Smk Labor Binaan Fkip Unri
Pekanbaru 4. Peserta
didik kelas X Tkj Smk Labor Binaan Fkip Unri Pekanbaru |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan
untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana
prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang
diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah yang harus
dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain : 1.
MengIdentifikasi masalah yang ada di dalam kelas. 2.
Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam
kelas. 3.
Penentuan penyebab masalah. 4.
Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan
sebagai dasar dalam membbuat rencana aksi. Strategi apa yang
digunakan : 1. Guru menggunakan model pembelajaran
inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL) 2. Guru memanfaatkan media modifikasi alat
pemanasan dan alat pembelajaran bola karet 3. Guru juga memanfaatkan media teknologi/ inovasi
lainnya dalam pembelajaran yaitu media vidio Pembelajaran 4. Membuat bahan ajar. 5. Memanfaatkan LKPD 6. Melakukan permainan menarik 7. Menganalisis gerakan 8. Menyimpulkan dan megevaluasi
pembelajaran 9. Coliing down 10. Doa 1. Melakukan
orintasi kelas berdoa dan mengabsen siswa 2. Melakukan
Apersepsi menanyakan pembelajaran kemaren 3. Menayampaikan
tujuan pembelajaran 4. Menonton
vidio pembelajaran 5. Ice
Breking 6. Pemberian
LKPD 7.
Melakukan Permainan menarik 8. Menganalisa
gerakan 9. Menyimpulkan
dan mengevaluasi 10.
Menutup dan
Coolingdown Sumber
Daya yang digunakan a. Media : Vidio Pembelajaran b. Alat : LCD, Laptop, Smartphone,
bola voli, pluit , stopwatch, cone c. Buku : Muhajir. 2020. Belajar
dan Berlatih Permainan Bola
Voli. Bandung: Sahara Multi Trading Penilaian
: 1. Pengetahuan berupa soal, materi servis bola voli 2. Sikap saat selama pembelajaran materi
servis bola voli 3.
keterampilan saat Mempraktikkan keterampilan dasar servis bola voli |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari
Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak
efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak aksi 1. Penggunaan
media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication of Technology
) ini sangat membantu pemahaman peserta didik pada konsep pelajaran PJOK
Materi Tehnik Dasar Servis bawah dan Atas Permainan Bola voli 2. Sebagian
besar respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat
senang jika pembelajaran menggunakan media yang sangat menarik yaitu media
pembelajaran berbasis ICT yang dapat dilihat dari respon peserta didik
setelah pembelajaran dilaksanakan 3. Dengan
adanya permainan menarik membuat siswa lebih senang , gembira sehingga
semangat untuk memulai materi Tehnik Dasar Servis bawah dan Atas Permainan
Bola voli 4. Dengan
adanya pembelajaran PBL metode kooperatif leraning membuat siswa lebih
komunikatif saling kerjasma karena
adanya tutor sebaya Respon a.
Peserta
didik Secara umum peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran
menyenangkan dan menambah keterampilan. b.
Rekan
sejawat Respon positif dan memiliki keinginan untuk menerapkan
model pembelajaran yang sama. c.
Kepala
sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering
memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi
rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna Faktor keberhasilan 1. Hasil
diskusi dengan dosen pembimbing, guru pamong dan rekan guru 2. Kerjasama
yang baik antara guru, rekan sejawat dan kepala sekolah 3. Peserta
didik yang telah menguasi tehnik dasar 4. Sarana
dan prasarana yang memadai Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran
yang dapat diperoleh dari proses praktik |
Kesimpulan |
Dalam konteks
pembelajaran teknik dasar servis bola voli di SMK Labor, terdapat
permasalahan terkait motivasi belajar siswa, khususnya dalam pelaksanaan
servis bawah dan atas. Motivasi belajar dianggap rendah, terlihat dari
kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kesulitan mereka
dalam melakukan teknik servis dengan baik. Beberapa kendala yang dihadapi
siswa mencakup rasa sakit pada tangan saat melakukan servis dan ketidakmampuan
mengarahkan bola dengan baik. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, guru telah menerapkan pendekatan pembelajaran yang
melibatkan model Project-Based Learning (PBL) dengan metode kooperatif
learning. Pendekatan ini diperkuat dengan penggunaan media video dan
permainan gembira berkelompok. Hasilnya, siswa terlibat lebih aktif dalam
pembelajaran, melakukan tugas dengan semangat, dan berani berpartisipasi
dalam kelompok. Penerapan PBL dan
kooperatif learning dikombinasikan dengan aktivitas yang menarik, seperti
permainan kelompok, mampu meningkatkan minat dan semangat belajar siswa. Guru
juga memberikan perhatian khusus denagan memodifikasi bola terhadap
pengelolaan rasa sakit yang dialami siswa saat berlatih teknik servis. Strategi pembelajaran
yang mencakup pendekatan PBL, kooperatif learning, penggunaan media video,
dan permainan kelompok dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teknik dasar servis bola voli.
Umpan balik positif, variasi metode pembelajaran, dan keterlibatan siswa
dalam pengambilan keputusan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran. |
Daftar Pustaka |
Muhajir.
2017. Buku Siswa Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMA/MA Kelas
X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMA/MA Kelas
X. Jakarta: PT. Erlangga. Muhajir. 2020.
Belajar dan Berlatih
Permainan Bola Voli. Bandung: Sahara
Multi Trading. |
0 komentar